SETAHUN, KABUPATEN PACITAN DILANDA 218 BENCANA ALAM

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Senin, 14 Desember 2015

RADIO GRINDULUFM PACITAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan  mencatat setidaknya ada ratusan kejadian bencana tanah longsor dan tanah ambles  yang terjadi pada bulan Januari  hingga april 2015. Total kerugian materi mencapai Rp.3.986.750.000.  Tanah longsor  rata rata terjadi di daerah kawasan tanah labil atau rawan longsor, seperti Tegalombo, Nawangan  Bandar, Arjosari dan Tulakan.

Sementara  itu untuk kerusakan terbanyak  berupa rumah warga sejumlah 196. Kerusakan jalan berjumlah 7 titik selama Januari hingga Oktober. Dan  kerusakan talut sejumlah  6 titik.
Disampaikan pelaksana harian badan penanggulangan bencana daerah Tri Mudjiharto, untuk bulan Nopember - Desember 2015, intensitas kejadian bencana alam hampir tidak ada.hanya 2 kejadian dengan kerusakan rumah yaitu kebakaran dan  sambaran petir.

Bencana lain yang terjadi di pacitan adalah amblesnya ruas jalan km 228 kedondong Gemaharjo. Sehingga mengakibatkan  terputusnya jalur utama  penghubung Kabupaten Pacitan- Ponorogo. Kejadian putusnya jalur utama Pacitan-Ponorogo yang diakibatkan longsor dan tanah  ambles,tahun 2015 ini ternyata lebih sering dibanding tahun tahun sebelumnya.

Jalan tersebut longsor meskipun tidak ada hujan. saat ini  Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menindak lanjuti untuk  membuka kembali jalur utama pacitan ponorogo tersebut. Dalam setahun 2015, Badan Penanggulangan  Bencana Daerah  Pacitan juga menangani kecelakaan orang tenggelam. Dalam setahun  ditemukan  hampir 10 korban kecelakaan air sebab tenggelam yang meninggal dunia,baik yang terjadi disungai, laut maupun sumur.(Asr)

Blog, Updated at: 15.37
Comments
0 Comments