Partisipasi masyarakat Pacitan dalam Pembangunan Masih Rendah

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Kamis, 28 Oktober 2010


        ”Tingkat partisipasi masyarakat Pacitan saat ini masih rendah, ”ucap Prof. Haryono Suyono. Pernyataan ini disampaikan Prof. Dr. Haryono Suyono saat menjadi nara sumber seminar regional di Pendopo Kabupaten Pacitan, Rabu siang (27/10).

       Haryono Suyono sangat menyayangkan dengan tingkat partisipasi masyarakat di Pacitan yang belum dimaksimalkan dalam pelaksanaan pembangunan. Sehingga banyak pembangunan di Pacitan yang tidak bisa dirasakan warga. Karena selama ini warga hanya sebagai penonton, bukan pengroyok pembangunan. Sehingga tidak heran jika separo lebih warga di Pacitan ini lebih memilih membanting tulang di negeri orang. Mengapa ini terjadi? Haryono menegaskan,” Stretegi pembangunan di Pacitan harus diluruskan lagi. Pasalnya, hampir 80 persen warga Pacitan sukses bekerja di daerah lain. Contoh kecil, di Jakarta hampir 80 persen warga Pacitan menguasai pangsa pasar kebinatuan (loundry).”

       Haryono mewanti - wanti agar partisipasi warga dioptimalkan dalam pelaksanaan pembangunan. Sebagai koreksi, untuk bupati ke depan, jangan sampai rakyat ditinggalkan.
Terkait rendahnya partisipasi rakyat ini, Wakil Bupati Pacitan Gepeng Sudibyo juga menguatkan, kendala sulitnya partisipasi warga dioptimalkan karena lapangan kerja sulit diperoleh di Pacitan, termasuk investasi yang juga sulit masuk.
(G-News)

Blog, Updated at: 09.45
Comments
0 Comments