Ratusan Warga Kunjungi Puskesmas Karena Virus Influenza

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Jumat, 07 Februari 2020

Grindulu FM, Pacitan- Seratus Lebih Warga Sudimoro Kunjungi Puskesmas Dengan Keluhan Influenza
Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan langsung ambil tindakan setelah  mendapat laporan 106 warga berkunjung ke Puskesmas Sudimoro dengan gejala sama flu, pilek, batuk, panas dan sakit kepala.

Pengunjung puskesmas dengan gejala sama tersebut dilakukan penyelidikan epidemologi (PE).  Menurut dr. Eko Budiono Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan ,  hasilnya gejala influenza biasa dan sebagian infreksi saluran pernapasan atas (ispa).

Foto: dr Eko Budiono - Kadinkes Pacitan  / GrinduluFM
“Karena virus influenza sifat penularannya melalui udara cepat sekali. Apalagi saat  beringus, itulah  saat kuatnya  flu menular. Dan kebetulan orang seakan akan terhipnotis dengan kasus corona jadi  heboh sendiri.  Boleh saja kewaspadaan tapi jangan terlalu berlebihan  malah nanti akan memunculkan stres”. tutur dr. Eko Budiono saat diklarifikasi.

Seperti diketahui, warga sudimoro dikabarkan mengunjungi puskesmas dengan keluhan sama.  gejala batuk,pilek, flu, panas dan sakit kepala  membuat  warga disekitar bertanya tanya.  Dan akhirnya  pertanyaan warga itupun sampai ke telinga  kepala  dinas kesehatan . Akhirnya diturunkan petugas untuk dilakukan Penyelidikan Epidemologi. Ditegaskan Dokter Eko, hasilnya gejala flu biasa dan Ispa.

Wargapun dihimbau untuk mewaspadai beberapa penyakit seperti infeksi saluran pernapasan atas. Flu dan batuk. Apalagi dengan factor perubahan cuaca sangat rentan seseorang terserang ispa dan influenza seperti sekarang ini. Jaga pola makan dan pola hidup bersih dan sehat. Memperhatikan kondisi tubuh dan mengonsumsi makanan, susu serta buah buahan. Hal itulah yang dipesankan dr. Eko, menghadapi perubahan cuaca  yang rentan  menimbulkan penyakit.

 Reporter: Asri Nury

Blog, Updated at: 14.11
Comments
0 Comments