HUJAN SEMALAMAN, DUA RUMAH RUSAK TERTIMPA MATERIAL LONGSOR

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Rabu, 03 Februari 2016

Grindulufm.co.id - Akibat hujan semalam  mengguyur wilayah pacitan, dua rumah warga rusak tertimbun material longsoran. Material longsoran bukit merusak rumah painem (62)tahun warga dusun Pagotan Desa Punung Kecamatan Punung. Kejadian pukul 09.30 Selasa, 2 FebruarI 2016. Kerusakan terjadi di bagian depan rumah dan juga mengenai TV milik korban. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.namun kerugian ditafsir mencapai  Rp.10 Juta.


Rabu siang seluruh muspika dan warga setempat gotong royong membersihkan material longsoran yang menimbun rumah korban. Selain itu pemberian bantuan stimulus dan sembako juga diserahkan pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Foto : Yusuf Alfatah
Kejadian longsoran juga menimpa rumah Warti warga RT.05, RW.10, Dusun Tanggung Desa Bubakan Kecamatan Tulakan. Kejadiannya Rabu, 3 Februari 2016. Kondisi rumah Warti kerusakan pada ruang kamar jebol tertimpa material longsor berupa pasir bercampur batu.

Tri Mudjiharto Kepala Pelaksana harian BPBD Pacitan membenarkan adanya laporan dua rumah warga yang rusak akibat tertimpa longsoran selama hujan turun semalaman di Pacitan dua hari terakhir ini.
Ditambahkan Tri, saat ini warga dihimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana longsor pada musim penghujan. Himbauan ini harus diindahkan,.mengingat dari 12 kecamatan di Pacitan memang sangat berpotensi terjadinya longsor.  Pacitan merupakan daerah perbukitan, dari 80 persen kondisi daerah Pacitan adalah bukit. Terutama bagi warga yang rumahnya didekat perbukitan harus lebih waspada terhadap kejadian longsor pada musim penghujan kali ini.

Himbauan peningkatan kewsapadaan akan bencana dimusim hujan, juga disampaikan untuk warga yang rumahnya didekat aliran sungai Grindulu maupun Lorok. Jika ada suara gemuruh dan aliran tersumbat segera laporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar bisa diatasi lebih cepat.
Sementara sesuai warning BMKG untuk February ini cuaca ekstrim. Warga juga harus meningkatkan kewaspadaan terhadap intensitas hujan yang diiringi dengan kilat petir dan angin kencang. (Asr)

Blog, Updated at: 16.23
Comments
0 Comments