INFRASTRUKTUR DAPAT ANGGARAN TERBESAR 2016

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Senin, 11 Januari 2016

Grindulufm.co.id - Tahun 2016 merupakan tahun infrastruktur bagi pemerintah kabupaten pacitan. Betapa tidak, dari jumlah pos anggaran pembangunan dari APBD yang terbanyak mendapatkan jatah adalah pos pembangunan Infrastruktur.

Heru Wiwoho Supadi Putra Kepala Bidang Pengendalian Perencanaan Bappeda Kabupaten Pacitan menegaskan, Tahun 2016 ini khusus untuk pembangunan infrastruktur dialokasikan Rp. 125 Milyar. Tidak heran jika 2016 merupakan tahun infrastruktur, terutama pembangunan jalan.

Ilustrasi

Dalam kesempatan yang berbeda Kepala Bapemas dan PemDes Pacitan, Endang Surjasri juga mengatakan, dalam rentang satu tahun atau dua tahun lagi seluruh jalan yang ada dilingkungan desa dalam kondisi sudah bagus. Untuk itu pula, Endang mensuport Kepala Desa agar masing masing desa memiliki branding atau ciri khas yang berbeda antara desa satu dengan desa lain. Ini juga didukung pada tahun 2016 Dana Desa bertambah 100 persen. Dan hal ini akan berdampak singnifikan pada Pendapatan Desa. Seperti disampaikan Endang Surjasri, tahun 2015 Dana Desa dialokasikan Rp. 46 Miliar. sedangkan pada tahun 2016 naik menjadi Rp. 104 miliar sekian.

Seperti diketahui, infrastruktur jalan dari tahun ketahun selalu menjadi persoalan mendesak bagi pemerintah Kabupaten Pacitan. Pasalnya, dari panjang jalan kabupaten 798 kilometer, 60 persennya atau sekitar 422 kilometer mengalami kerusakan. Bahkan masih ada jalan di kabupaten pacitan hingga tahun ini yang masih berupa tanah dan makadam. Sedangkan kondisi jalan baik ,hanya sepanjang 40 persen. Kondisi inilah yang melatarbelakangi pembangunan di tahun 2016 diperioritaskan pada pembangunan infrastruktur jalan. Terutama untuk jalan menuju daerah wisata. Seperti diketahui, kabupaten pacitan merupakan tempat wisata, yang tahun 2016 ini pula diharapkan bisa memberikan masukan PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang tertinggi dibanding sektor lain.

Dalam kesempatan berbeda Bupati Pacitan Indartato menekankan agar Dinas Pekerjaan Umum dan Pengairan Kabupaten Pacitan mempercepat pembangunan infrastruktur jalan. "Sebab Pembangunan infrastruktur jalan bisa mendongrak pergerakan ekonomi. Roda ekonomi berputar dengan cepat jika jalan dan jembatan semuanya baik,”seperti diterangkan Bupati Pacitan Pacitan Indartato saat dihubungi. (Asr)

Blog, Updated at: 09.27
Comments
0 Comments