BUPATI INSTRUKSIKAN DINKES LAKUKAN LANGKAH PREVENTIF DBD

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Senin, 25 Januari 2016

Grindulufm.co.id - Tidak mau kecolongan seperti tahun sebelumnya,terkait penyebaran demam berdarah yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia. Bupati Pacitan Indartato diawal musim penghujan pertengahan January 2016, gerak cepat  dengan memberikan instruksi pada Kepala Dinas Kesehatan untuk meningkatkan  langkah preventif  dengan kemungkinan  peningkatan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Pacitan. 


Bupati juga menekankan pada seluruh satker (satuan kerja) dilingkup Pemkab untuk  melakukan tindakan 3 M  Menguras Mengubur dan Menutup. Tidak hanya itu saja, Bupati Pacitan Indartato juga meminta langkah proaktif Camat dan Lurah/Kades serta perangkat lingkungan untuk cegah penyebaran demam berdarah. Ini harus dilakukan mengingat  Pacitan merupakan daerah endemis  nyamuk Aides Aygepthy.

Seperti dicatat  Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan  sudah sejak Desember  tahun 2015  penyebaran demam berdarah mulai muncul di Kabupaten Pacitan terutama diwilayah perkotaan. Namun  memasuki awal January penderitanya sudah merambah kewilayah kecamatan. salahsatunya  di Kecamatan Punung. Sedangkan  wilayah kota yang menjadi endemis  demam berdarah diantaranya adalah Kelurahan Ploso, Bangunsari, Baleharjo  dan Tanjungsari .
Meski  sepanjang 2015  pacitan dalam masa kemarau, namun penderita demam berdarah baru, lumayan banyak ditemukan. Sepanjang 2015 tercatat  sekitar seratus lebih  warga yang terserang Demam Berdarah.

Sementara data Dinas Kesehatan bulan January 2016  tercatat  sudah ada 36 penderita positif demam berdarah. Adapun yang dilakukan perawatan di RSUD Pacitan karena demam berdarah tercatat ada 9 orang diawal January 2016 kali ini. (Asr)

Blog, Updated at: 11.37
Comments
0 Comments