PACITAN KEKURANGAN 369 TENAGA GURU KELAS SD

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Senin, 07 Desember 2015

RADIO GRINDULU FM PACITAN - Keberadaan tenaga guru kelas khususnya guru agama dan penjas di Sekolah Dasar (SD) sangat dibutuhkan dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan.

Disampaikan Ana Sri Mulyati, Kepala Bidang Ketenagaan Pendidikan Dinas Pendidikan Pacitan, sekarang ini pemerintah kabupaten pacitan dalam hal ini dinas pendidikan kekurangan guru kelas sd untuk mata pelajaran agama sebanyak 168 dan guru pendidikan jasmani atau olahraga sebanyak 191.

Ditambahkan ana, untuk  perekrutan  K2 kemaren, kebanyakan lulusan D2. Sedangkan saat ini dinas pendidikan membutuhkan tenaga guru lulusan S-1. Masih menurut ana,saat ini tenaga guru lulusan S-1 masih sangat sedikit dilingkup diknas pacitan.

Ditegaskan Ana Sri Mulyati, sebuah SD idealnya mempunyai satu kepala sekolah, enam guru kelas, satu guru agama, satu guru olah raga, satu penjaga, satu tenaga admin dan satu tenaga perpustakaan. Kondisi saat ini jumlah tersebut tidak dapat dipenuhi oleh PNS. Bahkan 100 persen tenaga operator yang berada sekolah dilaksanakan oleh PTT.

Sementara itu, tenaga guru yang pensiun tiap tahunnya terus ada, rata rata perbulan bisa mencapai 25 hingga 30 orang guru yang pensiun. Dengan adanya guru yang terus pensiun tiap tahunnya, otomatis mengurangi jumlah guru PNS SD dan kebutuhan guru terus bertambah. (Asr)














Gambar Ilustrasi

Blog, Updated at: 12.23
Comments
0 Comments