MUSIM HUJAN WASPADAI PETIR ANGIN KENCANG DAN HUJAN LEBAT

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Senin, 07 Desember 2015

RADIO GRINDULU FM PACITAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dilAnsir oleh badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) pacitan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat dan sambaran petir pada musim pancaroba saat ini. Bahkan, kondisi itu akan lebih meningkat saat memasuki musim hujan.

Pujono Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Pacitan menjelaskan, di musim pancaroba seperti saat ini, suhu udara akan cepat berubah. Pertumbuhan awan-awan hujan (cumulonimbus) pun mulai banyak. Pujono menambahkan, frekuensi terjadinya petir tersebut akan semakin meningkat saat masuk musim hujan dan puncak musim hujan. Pasalnya, akan terdapat banyak potensi tumbuhnya awan cumulonimbus. Untuk menghindari sambaran petir, pujono pun mengimbau agar masyarakat menjauhi ruang terbuka, seperti sawah dan lapangan, saat menjelang hujan. Jika hujan sudah turun, maka harus segera berteduh ke dalam rumah.jangan dibawah pohon. Dan saat berteduh sebaiknya hand phone jangan dinyalakan.

Seperti diketahui, satu orang tewas akibat tersambar petir di kecamatan punung dimusim penghujan pekan lal. Saat itu, korban sedang beraktivitas diladang. Dan berteduh dibawah pohon. Selain mengakibatkan satu orang tewas tersambar petir,musim hujan lebat kali ini juga mengakibatkan satu rumah rusak akibat sambaran petir. Adapun peta rawan longsor dan banjir juga sudah dipetakan oleh BPBD Pacitan memasuki musim hujan Desember kali ini. Terutama untuk daerah wilayah utara yang menjadi perioritas sebagai daerah rawan longsor.seperti daerah Kecamatan Tegalombo-Nawangan Bandar dan Gemaharjo.(Asr)
 

Blog, Updated at: 14.39
Comments
0 Comments