Akhir Tahun 2015 Malaria di Pacitan Meningkat

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Senin, 07 Desember 2015

GRINDULU FM PACITAN - Jumlah warga Kabupaten pacitan yang terkena penyakit malaria pada 2015 mencapai 30 orang. Angka tersebut menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya  2014.Angka ini berdasar pemeriksaan  warga yang terpapar malaria ke UPT laboratorium kesehatan dinas kesehatan pacitan.Sekarang  warga yang pulang dari merantau juga sudah tinggi kesadarannya untuk memeriksakan diri ke laboratorium terkait  malaria. Ini mengingat  penyakit malaraia dipacitan ditularkan dari orang orang yang  lebih sering merantau keluar provinsi.

Suryono kepala Laboratorium kesehatan dinas kesehatan pacitan menyampaikan, berdasar  hasil kedatangan warga sepulang merantau ke laboratorium memang tahun ini ada penurunan angka penderita malaria. Meski begitu,harus tetap waspada.dengan masih banyaknya  warga pacitan yang banyak memilih balak keluar provinsi.

Diharapkan, pada 2015 ini kasus malaria  semakin turun dan terus turun. Menurut suryono, sejumlah upaya dilakukan untuk menekan kasus malaria di pacitan.. Salah satunya dengan memaksimalkan keberadaan juru malaria desa (JMD). Warga yang pulang dari merantau diharapakan  proaktip memeriksakan diri ke unit laboratorium kesehatan yang berada diakwasan baleharjo. Agar bisa terdekteksi dini dan bisa diobati secara cepat.


Sementara itu,  masih ada kasus malaria lokal atau indigenous. Komposisinya sekitar 30 persen lokal dan sisanya sekitar 70 persen impor atau terkena saat berada di luar Jawa.  Program eliminasi malaria ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 293/MENKES/SK/IV/2009 tanggal 28 April 2009 tentang Eliminasi Malaria di Indonesia.sebagai daerah yang pernah menyandang endemis malaria dan warganya banyak yang bekerja merantau, petugas laboratorium akan proaktip melakuakn sosialisasi. (Asr)


foto ilustrasi

Blog, Updated at: 12.08
Comments
0 Comments