Menjelang Iduladha, Seluruh Pasar Hewan Diperiksa

Posted by Radio GrinduluFM Pacitan - 104,6 MHz on Selasa, 01 November 2011

Hari raya Iduladha sudah di depan mata. Seluruh hewan ternak yang dijual untuk hewan kurban pun dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kab. Pacitan di Pasar Pon Sambong, Selasa pagi (01/11) disaat pasaran Pon.
Disampaikan Kus Handoko, Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Pacitan,  dari hasil cek pemeriksaan hari pertama ini tidak ditemukan adanya hewan besar, sapi dan kambing yang memiliki penyakit. Meski pemeriksaan hari ini melalui pengamatan fisik luar, namun bisa diperkirakan hewan - hewan yang dijual di Pasar Pon Pacitan sehat dan layak untuk kurban.
Pemeriksaan dilakukan secara inspeksi dilihat dari kejauhan ada tidaknya kaki yang pincang, dan secara palpasi perabaan pada gandula, jika sakit maka gandula kelihatan bengkak. Namun seluruh hewan yang dijual di Pasar Pon terlihat lincah dan bulu licin serta halus. Pemeriksaan hewan kurban di Pasar Pon juga akan dilakukan di pasar hewan yang ada di kecamatan,  begitu juga di penampungan hewan kurban.
Menjelang hari raya kurban, untuk harga sapi dan kambing mengalami kenaikan meski hanya sedikit.  Kenaikan terjadi sekitar 300 hingga 400-an ribu rupiah dibanding hari biasa. Namun untuk saat ini hewan sapi dan kambing betina justru harganya turun. Seperti diakui Misradi,  penjual hewan ternak kambing,  tahun ini penjual dan pengunjung dari luar daerah untuk hewan kurban turun dibanding tahun lalu. Sehingga,   masih banyak hewan sapi maupun kambing yang belum laku terjual hingga siang hari.
Menjelang hari raya Iduladha, pemerintah daerah tidak ingin melihat ada hewan kurban yang sakit dijual belikan. Untuk itu pemeriksaan dan cek kesehatan sebelum disembelih dan sesudah disembelih pun mutlak dilakukan.

Blog, Updated at: 13.48
Comments
0 Comments