Dampak Gempa di Bantul Gedung RSUD Pacitan Retak, Pasien Berhamburan ke Luar

Posted by Radio Grindulu FM Pacitan 104,6 MHz on Sabtu, Juli 01, 2023

GrinduluFM Pacitan -Gempa dengan magnitudo 6,4 yang mengguncang di Bantul Jogjakarta terasa kuat sampai Pacitan pada Jumat (30/6/2023) Pukul 19.57 WIB. Gempa dengan guncangan kuat Jumat malam itupun menggegerkan warga.

Akibat kuatnya guncangan gempa ini, dinding Rumah Sakit Umum Daerah dr. Darsono Pacitan mengalami keretakan di sejumlah titik. Mendengar adanya keretakan dinding disejumlah titik ruang rumah sakit, petinggi rumah sakit langsung terjun untuk menyakinkan dan sekaligus menginventarisir kerusakan.

Tampak pula Jumat malam itu Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pacitan Suparlan ikut terjun ke lokasi rumah sakit umum daerah dr. darsono.

Juru bicara rumah sakit dr.Johan Putranto membenarkan adanya kerusakan di sejumlah titik. Menurutnya kerusakan tidak terlalu parah, hanya kerusakan ringan, berupa retak retak di dinding.

“Kami langsung terjun ke rumah sakit untuk menyakinkan dan mengassesment. Secara umum ada kerusakan ya, kerusakan dinding, plafon. Sejauh ini kita koordinasi dengan PUPR, masih dalam kondisi cukup aman dan pasien diharap tidak khawatir.”kata dr.Johan

Penampakan kerusakan akibat guncangan gempa dinding sepanjang tangga rumah sakit mengalami keretakan. Sejumlah pegawai dan pasien mengabadikan dinding yang retak itu melalui ponsel dan disebar luaskan di media sosial.

Selain itu ada pasien dan perawat yang duduk di lantai depan sambil menenangkan diri seusai gempa reda.

Meski begitu sebagian pasien ternyata ada yang tetap bertahan didalam ruangan. Namun ada juga pasien yang enggan kembali masuk ke ruangan karena trauma.

Mereka memilih berhamburan ke luar ruangan karena takut adanya gempa susulan.

Melihat keadaan tersebut, pihak rumah sakit langsung mengedukasi pasien untuk kembali lagi masuk ke ruangan dan menjamin kondisi gedung rumah sakit masih cukup aman.

“Kami juga mengedukasi kepada pasien yang masih trauma untuk kembali lagi masuk kedalam ruangan dengan harapan pasien segera sembuh.”ucap dr. Johan Putranto

Dalam kesempatan yang sama, Kepala PUPR Pacitan Suparlan ikut menguatkan jika kondisi struktur dan pondasi bangunan rumah sakit masih dalam kondisi cukup aman. Kerusakan retak retak pada dinding tidak mengganggu kekuatan struktur pondasi gedung.

“Struktur dan pondasi bangunan masih memadai tidak terganggu. Kekuatan gedung masih kokoh. Memang plafon tangga ada keretakan. Sifatnya hanya kerusakan ringan.”pungkas Parlan Kepala Dinas PUPR

Reporter/Penulis:Asri

Blog, Updated at: 09.49
Tinggalkan komentar positif Anda di sini
03